Rabu, 02 Mei 2012

WEB PENUNJANG PEMBELAJARAN DALAM BIDANG ILMU PEMNDIDIKAN GEOGRAFI


WEB PENUNJANG PEMBELAJARAN DALAM BIDANG ILMU PEMNDIDIKAN GEOGRAFI

MAKALAH
Disusun untuk Memenuhi Tugas Komputer
yang Dibina Oleh Adriyanto Tanjung












Disusun Oleh:
Nur Wakhid Hidayat  (110721435132)
Kelas AA 2011





UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS  ILMU SOSIAL
JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI
April 2012




MARBLE
v  PENGANTAR MARBLE
Selamat Datang marble, sebuah dunia interaktif kecil dan atlas geografis yang menempatkan dunia di ujung jari Anda. Sama seperti sebuah atlas nyata atau Marbel dunia konvensional memungkinkan Anda untuk bebas bergerak di seluruh peta dan tempat pencarian. Selanjutnya Marbel memungkinkan Anda untuk memperbesar dan memiliki pandangan yang berbeda di permukaan Bumi. Dalam Marbel konfigurasi default-nya menawarkan 11 pandangan yang berbeda: Atlas, OpenStreetMap, Satellite View, Bumi pada Malam, Peta Sejarah 1689, Bulan, Peta polos, hujan (Desember), hujan (Juli), Suhu (Desember) dan Suhu (Juli).

Marbel dilengkapi dengan database kecil dari lebih dari 12.000 lokasi (kota, pegunungan, gunung berapi) yang dapat dicari dan yang sebagian terintegrasi dengan ensiklopedia internet Wikipedia populer. Selain itu Anda dapat mengukur jarak dengan menggunakan Marbel antara titik ukuran beberapa yang dapat diatur secara bebas.


Sejarah Marrble
Marble adalah software virtual Globe interaktif yang berisi informasi-informasi geografi dari seluruh dunia. Marble didesain untuk pendidikan, seperti untuk para guru ilmu bumi yang mengajar pada murid-muridnya di dalam kelas.



Di sebelah kanan Anda dapat melihat peta topografi planet rumah kita yang indah. Untuk memungkinkan untuk orientasi yang lebih baik peta menawarkan skala bar di pojok kiri bawah serta windrose di kanan atas. Untuk menavigasi dan untuk mengontrol tampilan Anda dapat menggunakan alat pada tab Navigasi di sebelah kiri: Tekan tombol panah untuk memutar dunia. Tombol panah Up dan Down akan memiringkan sumbu bumi kembali dan sebagainya. Tombol panah kiri dan kanan akan membuat spin bumi di sekitar sumbu fisiknya.
Anda dapat mencapai perilaku yang sama dengan menekan tombol kiri mouse di suatu tempat di dunia dan dengan menggerakkan mouse sambil menjaga tombol kiri mouse ditekan. Menggunakan navigasi gaya drag dan drop akan memungkinkan Anda untuk mengatur sudut pandang lebih mudah dan lebih tepat. Tombol kursor pada keyboard Anda menawarkan cara lain alternatif untuk cepat mengubah arah.
Memperbesar dan memperkecil dengan menggerakkan slider vertikal naik turun. Jika mouse anda telah mendapat roda mouse dapat Anda gunakan yang satu bukan - atau Anda hanya tahan tombol kiri mouse dan tombol mouse kanan bawah keduanya sekaligus sambil menggerakkan mouse ke atas dan ke bawah. Mengubah tingkat zoom langkah demi langkah dapat dilakukan melalui Zoom In dan Zoom Out tombol yang ditempatkan diatas dan dibawah geser zoom (atau menggunakan + dan - tombol pada keyboard Anda).
Tergantung pada resolusi peta itu zoom akan menyediakan Anda dengan lebih terinci. Kota-kota kecil akan muncul dan menggunakan peta topografi Anda mungkin melihat bahwa garis pantai diberikan sebagai vektor grafis. Dalam hal ini Anda harus tersesat Anda selalu dapat mengatur ulang sudut pandang dan tingkat zoom kembali ke titik di mana kita mulai: Tekan saja tombol Home (atau tombol Home pada keyboard Anda). Untuk menetapkan lokasi rumah klik dengan tombol mouse sebelah kanan pada sebuah lokasi di peta dan pilih Set Lokasi Depan dalam menu konteks.
Sebuah klik pada status bar menggunakan tombol mouse sebelah kanan menawarkan menu yang memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan dari status bar. Anda dapat menampilkan posisi, ketinggian, tingkat genteng saat ini dan indikator kemajuan yang menampilkan status download data peta.

Chapter 3
·       Atlas: Sebuah peta topografi klasik. Menggunakan garis vektor ("MicroWorldDataBase II") untuk menandai garis pantai, perbatasan negara dll dan grafis bitmap ("SRTM30") untuk membuat relief tinggi.
·  OpenStreetMap: Sebuah peta jalan global yang diciptakan oleh proyek (OSM) OpenStreetMap. OSM adalah komunitas terbuka yang menciptakan peta diedit gratis. Data OSM itu diberikan dengan menggunakan Mapnik.
·         Satelit View: Bumi seperti yang terlihat dari angkasa. Peta ini didasarkan pada indah NASA "Generasi Blue Marble Next" gambar. Kredit: NASA Earth Observatory
·    Bumi pada Malam: Gambar ini dari lampu-lampu kota bumi diciptakan dengan data dari Pertahanan Meteorologi Satelit Program (DMSP) Sistem Linescan Operasional (OLS).
·    Riwayat Peta 1689: Sebuah peta dunia sejarah dari 1689 tahun yang dibuat oleh G. van Schagen di Amsterdam.
·      Bulan: Sebuah peta bulan. Peta ini didasarkan pada data dari misi Bulan Clementine (UVVIS Musa Basemap). Kredit: NASA / SDIO, Courtesy USGS Astrogeology Program Penelitian.
·     Plain Peta: Sebuah peta biasa. Menggunakan garis vektor untuk menandai garis pantai dan perbatasan negara dll
·    Air hujan (Desember): Sebuah peta yang menunjukkan curah hujan rata-rata pada bulan Desember.
·       Presipitasi (Juli): Sebuah peta yang menunjukkan curah hujan rata-rata (hujan / salju / es / dll) pada bulan Juli.
·         Suhu (Desember): Sebuah peta yang menunjukkan suhu rata-rata pada bulan     

  •         Desember.Suhu (Juli): Sebuah peta yang menunjukkan suhu rata-rata pada bulan Juli.

Chapter 4

Marbel dilengkapi dengan database kecil dari lebih dari 12.000 kota (dari http://www.worldgazetteer.com) dan beberapa pegunungan dan gunung berapi. Anda dapat menemukan lokasi dengan memasukkan namanya ke dalam garis pencarian di bagian atas kotak peralatan. Jika Anda tidak yakin tentang pengejaan (Marbel selalu menggunakan nama asli dalam huruf latin), Anda dapat memilih browser lokasi di bawah garis pencari juga: klik ganda pada entri masing-masing akan langsung menampilkan tempat yang sesuai pada peta.
Pada tab pertama dari dialog beberapa data yang sangat dasar yang disediakan, seperti koordinat, nama dan bendera negara tempat milik. Selain itu, populasi nomor untuk kota-kota mendapatkan ditampilkan, serta elevasi untuk pegunungan. Jika komputer Anda terhubung ke Internet dan jika Anda Marbel online akan mencoba untuk terhubung ke Internet ensiklopedia populer "Wikipedia". Jika artikel Wikipedia pencocokan adalah Marbel tersedia akan menampilkannya pada tab kedua dari dialog.




Chapter 5


Selain mencari tempat, Marbel dapat menampilkan rute yang mungkin antara dua atau lebih dari mereka. Apakah Anda ingin merencanakan tur sepeda di kayu terdekat? Butuh petunjuk mengemudi untuk sampai ke alamat di kota asing? Klik pada tab Routing pada bagian bawah kotak peralatan Marbel untuk mulai merencanakan perjalanan Anda.
Menciptakan Rute baru Pada tab Routing Anda akan melihat dua tombol hijau A dan B. Masukkan alamat awal dalam kolom input di sebelah tombol A, awal rute field input. Tekan Enter atau klik tombol Search untuk menemukan penanda yang cocok. Sebuah animasi kemajuan kecil akan mempersingkat waktu Anda menunggu sementara pencarian sedang berjalan. Menggunakan istilah pencarian "Weavers Lane, London".
Tanda letak Matching berbaris dalam daftar di bawah field input. Mereka juga ditampilkan dalam peta. Hasil pertama akan dipilih secara otomatis sebagai awal rute. Dalam peta, posisi ini diindikasikan menggunakan ikon yang sama A sebagai tombol di sebelah kolom rute awal masukan. Jika hasil pertama bukan awal rute yang diinginkan, klik pada hasil yang lain untuk membuat posisi awal baru. Anda dapat klik di atasnya dalam daftar hasil atau pada ikon di peta untuk mencapai itu. Awal rute saat ini dipilih selalu ditunjukkan menggunakan ikon A.
Dengan dimulainya rute di tangan, mari kita lanjutkan untuk memasuki tujuan perjalanan kami. Prosedur adalah sama: Masukkan alamat tujuan dalam kolom input di sebelah tombol B, tekan Enter dan memilih item yang diinginkan di antara daftar hasil.
Apakah Anda melihat bahwa tombol Cari sekarang hilang dan diganti dengan tombol Arah Get? Marbel yang menonjolkan bahwa semua informasi yang diperlukan untuk menghitung rute telah dimasukkan dengan benar. Klik pada tombol Get Arah untuk mengambil rute yang cocok sekarang. Jika tujuan Anda adalah istilah pencarian "Sun Walk, London", hasilnya akan menyerupai screenshot ini:



Jika awal (atau tujuan) posisi sudah terlihat di layar, Anda mungkin merasa lebih nyaman untuk memilih langsung di peta. Untuk melakukannya, klik pada tombol A (atau B) di sebelah kolom input. Pilih Dari Peta dalam menu mendatang. Setelah diklik, mode input peta diaktifkan: The klik berikutnya pada posisi di peta akan menjadi awal (atau akhir) dari perjalanan Anda. Kursor mouse berubah menjadi tanda silang untuk memudahkan pilihan akurat. Posisi yang dipilih akan dimasukkan dalam rute dan ditandai di peta. Untuk membatalkan pemilihan, baik klik pada tombol lagi atau tekan Esc.
Sebuah pilihan alternatif dari awal rute dan tujuan disediakan melalui menu konteks peta: Klik dengan tombol kanan mouse pada lokasi yang diinginkan dan pilih Arah dari sini atau Arah ke sini, masing-masing.
 Chapter 5

rute Profil Rute mana yang harus pilih bergantung pada jenis kendaraan yang Anda rencanakan untuk digunakan (jika ada). Anda dapat memberitahu Marbel tentang hal ini dan preferensi lain yang menggunakan profil rute. Setiap profil berisi pengaturan untuk skenario rute tertentu. Pada permulaan, Marbel menciptakan empat profil umum untuk Anda: Mobil (tercepat), Mobil (terpendek), Sepeda, dan pejalan kaki.
Contoh-contoh dalam bagian sebelumnya digunakan Mobil (tercepat) profil. Mari kita kembali rute terakhir dengan profil yang berbeda: Pilih opsi Pedestrian di kotak kombo Profil.
Rute yang diusulkan telah menjadi lebih pendek karena footways sekarang juga termasuk ketika menghitung rute terbaik. Jika Anda ingin men-tweak salah satu profil default lebih lanjut, pilih pada kotak kombo Profil dan klik pada link Configure. Sebuah jendela baru akan terbuka.



Sisi kiri memungkinkan Anda mengkonfigurasi backends routing tanya untuk rute. Hingga lima backends didukung oleh Marbel, dua router online dan tiga router offline. Online routing yang memerlukan koneksi internet untuk query rute. Routing Offline bekerja tanpa koneksi internet, tapi mengharuskan Anda untuk men-download dan menginstal peta rute offline di muka. Para backends routing yang didukung adalah  Gosmore: Sebuah router offline yang juga berfungsi sebagai backend untuk router secara online Hormat  Monav: Sebuah router offline yang sangat cepat bahkan ketika menghitung rute yang sangat besar OpenRouteService: Sebuah router online yang juga menghasilkan instruksi mengemudi, terbatas ke Eropa Routino: Sebuah router offline dengan konfigurasi yang sangat fleksibel
Hormat: Sebuah router online yang beroperasi di seluruh dunia, tetapi tidak memiliki petunjuk mengemudi. Setelah Anda memilih dan memungkinkan backend routing pada sebelah kiri untuk memasukkannya ke dalam routing query, Anda dapat mengubah pengaturannya di sisi kanan. Pengaturan khusus untuk backend masing-masing.
Selain mengkonfigurasi profil standar empat, Anda dapat menambahkan profil baru dan menghapus yang sudah ada dalam pengaturan Marbel di halaman Routing. menyesuaikan Rute Marbel mari kita Anda memodifikasi beberapa aspek rute untuk fine-tuning: Ubah pilihan rute, masukkan melalui poin, memindahkan atau menghapus poin yang ada. Modifikasi opsi rute telah dibahas di bagian sebelumnya sudah, kami akan berkonsentrasi pada manajemen titik sekarang.
Memasukkan melalui poin dilakukan dengan drag-and-drop di peta. Setiap kali Anda memindahkan mouse pointer di atas setiap bagian dari rute (kecuali poin di atas perjalanan yang sudah ada), ikon bendera hijau muncul, yang menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menyisipkan melalui titik. Untuk memulai operasi insert, klik dengan tombol kiri mouse. Pindahkan pointer mouse ke posisi baru yang diinginkan sekaligus mempertahankan tombol kiri mouse ditekan. Garis biru dari tetangga melalui poin ke posisi baru akan muncul:




Marbel Mengekspor Rute

Masukkan nama file yang diinginkan dalam dialog save mendatang. Perpanjangan nama file harus gpx untuk menyimpan dalam format gpx atau kml untuk menyimpan dalam kml (Keyhole Markup Language) format.



Chapter 6


Bab 6. Mengukur jarak dengan Marbel Seperti disebutkan sudah Marbel selalu menampilkan bar skala dinamis di kiri bawah untuk memperkirakan jarak di peta. Bersama dengan windrose di sudut kanan atas lapisan ini disediakan untuk orientasi yang lebih baik. Tapi masih ada lagi: Marbel memungkinkan Anda untuk mengukur jarak antara dua atau lebih titik di bumi. Untuk melakukannya klik poin masing-masing di urutan yang benar di dunia menggunakan tombol mouse sebelah kanan. Pada setiap klik menu popup akan muncul yang memungkinkan Anda untuk menambahkan titik ukuran (Tambahkan Titik Ukur) atau untuk menghapus semua titik pengukuran sekaligus (Hapus Poin Ukur):
Setelah Anda menambahkan setidaknya dua poin ukuran, jarak total akan ditampilkan di sudut kiri atas peta. Marbel akan menganggap bumi yang bulat untuk semua pengukuran yang harus cukup akurat untuk banyak kasus.


Chapter 7


Bab 7. Ambil Daerah Peta Pra-instal dengan satu set peta, Marbel siap untuk digunakan. Ketika Anda memperbesar di tempat, bagian yang lebih rinci tentang tema peta saat ini di-download di latar belakang. Ini bekerja sangat baik setiap kali koneksi internet tersedia. Apa yang harus dilakukan, namun, ketika bepergian ke sebuah kota asing di mana tidak ada koneksi internet konstan tersedia untuk men-download peta? Rencana ke depan dan download peta daerah yang Anda akan gunakan.
Untuk memahami apa yang perlu di-download untuk menampilkan bagian tertentu dari peta secara offline, mari kita secara singkat melihat ke dalam konsep ubin Marbel yang menggunakan internal. Genteng adalah gambar yang sesuai dengan bagian tertentu dari peta. Ubin disusun oleh Marbel di samping satu sama lain untuk membentuk gambar peta yang ditampilkan untuk Anda. Tergantung pada mode proyeksi yang dipilih, ubin yang disusun membentuk segi empat (Proyeksi Peta Flat, kiri) atau lingkup (Proyeksi Globe, kanan):
Ubin di Level 1 di Peta datar (kiri) dan Proyeksi Globe (kanan) Zoom pada pandangan ini, lebih jelasnya perlu ditampilkan. Ubin ditampilkan dalam dua screenshot diatas terlalu kasar kemudian; Marbel otomatis mengenali perubahan ini dan ke tingkat berikutnya di mana ubin gambar memberikan rincian lebih lanjut. Ini terus terjadi: Semakin Anda memperbesar, tingkat semakin tinggi genteng. Sketsa berikut menggambarkan jumlah yang berbeda dari ubin (berwarna) yang sesuai untuk wilayah peta yang sama pada tingkat ubin yang berbeda:
Ketika men-download peta wilayah untuk penggunaan offline, Anda perlu men-download semua ubin di wilayah yang diinginkan untuk semua tingkat ubin Anda berencana untuk menggunakan. Karena hubungan antara tingkat ubin dan tingkat zoom, Anda dapat menganggapnya sebagai men-download semua ubin di tingkat zoom Anda berencana untuk menggunakan.
Untuk mencapai hal ini untuk sebuah daerah, membuat daerah yang terlihat di layar dengan zoom dan bergerak Globe. Sekarang buka Region Download ... dialog dalam menu File. Jauhkan pilihan wilayah Terlihat dipilih untuk mendownload ubin yang sesuai dengan peta wilayah terlihat di layar. Selanjutnya, pilih rentang genteng tingkat (kisaran zoom) yang ingin Anda download. Kolom pertama sesuai dengan yang terkecil, kolom kedua sesuai dengan tingkat genteng terbesar yang akan di-download. Tile tingkat di antara akan di-download juga. Marbel menunjukkan berapa banyak ubin (gambar) perlu didownload dan update nomor ini setiap kali Anda mengubah wilayah atau jangkauan genteng






Tingkat ubin sesuai dengan tingkat zoom yang aktif akan ditampilkan di status bar di bagian bawah. Harap dicatat bahwa Anda mungkin harus mengkonfigurasi Marbel untuk menunjukkan informasi bahwa: Klik dengan tombol mouse sebelah kanan pada status bar dan pilih Tampilkan Tingkat Tile Zoom.
Pilih OK untuk memicu download peta wilayah. Progress bar dari Marble akan menunjukkan proses download (jika diaktifkan).      Jika anda tahu koordinat wilayah peta untuk men-download, Anda dapat memasukkan mereka dengan mengklik pada pilihan wilayah tentukan. Daerah peta terlihat di layar akan diabaikan dalam kasus itu.        
Anda dapat tetap menggunakan Marbel sementara dialog Daerah Unduh terbuka. Hal ini berguna untuk antrian download beberapa daerah yang berbeda atau rentang ubin yang berbeda. Cukup pilih Terapkan bukan OK untuk memicu download peta wilayah.

v  KELEBIHAN DARI MARBLE
Kita bisa mencari suatu tempat tanpa harus membuka peta yang serba ribet, dengan adanya aplikasi marble kita bisa mencari suatu lokasi dengan praktis. Aplikasi ini baik digunakan sebagai media pembelajaran, gru dapat mengaplikasikan marble ini pda siswanya untuk mencari suatu wilayah. Dan juga pada aplikasi ini di lengkapi dengan titik kordinat, jadi bisa lebih jelas lagi.

v  KELEMAHAN DARI MARBLE
Pada aplikasi kurang bisa melihat suatu wilayah dengan jelas, tidak bisa melihat dengan jarak yang dekat







Tidak ada komentar:

Posting Komentar